Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil mata pelajaran Bahasa Arab untuk jenjang Madrasah Ibtdaiyah (MI). Soal PAS yang disesuaikan dengan KI dan KD Bahasa Arab terbaru berdasar KMA Nomor 183 Tahun 2019 ini dilengkapi juga dengan kunci jawaban.
Bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah, soal PAS Bahasa Arab ini bermanfaat bagi siswa kelas 1, 2, 3, 4, 5, maupun 6 dalam memperiapkan diri menghadapi Penilaian Akhir Semester Ganjil yang tinggal sesaat lagi dilaksanakan.
Bagi guru Bahasa Arab, bisa jadi contoh soal PAS Bahasa Arab ini dapat dijadikan referensi dalam penyusunan soal di madrasah masing-masing.
Sebagaimana diketahui, pada tahun pelajaran ini untuk kali pertama KMA Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab Pada Madrasah di berlakukan. Termasuk dalam Penilaian Akhir Semester atau Ulangan Akhir Semester (UAS). Karenanya, butir-butir materi yang diujikan pun tentu berbeda dengan contoh-contoh soal pada tahun-tahun sebelumnya.
Penyusunan dan Materi Soal PAS Bahasa Arab untuk MI
Penyusunan soal Penilaian Akhir Semester kali ini, tentunya harus disesuaikan dengan KI dan KD sebagaimana tertuang dalam KMA Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab Pada Madrasah.
Menilik pada regulasi tersebut, daftar KD Bahasa Arab untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah di semester ini, untuk setiap kelasnya adalah sebagai berikut.
Daftar KD dalam soal PAS Bahasa Arab kelas 1 MI, meliputi:
- 3.1 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema التَّعَارُفyang melibatkan tindak tutur memberi salam, menjawab salam, menanyakan nama, dan menanyakan kabar
- 3.2 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : التَّعَارُف
- 3.3 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: أُسْرَتِيْ yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang diri dan anggota keluarga dengan kata tanya مَنْ هٰذَا ؟ مَنْ هٰذِهِ ؟
- 3.4 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : أُسْرَتِيْ
- 3.5 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: هِوَايَتي yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi terkait hobiku
- 3.6 menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : هِوَايَتي
- 3.1 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema أَفْرَدَ الْمَدْرَسَةِ dengan melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi kehadiran siswa di kelas
- 3.2 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : أَفْرَدَ الْمَدْرَسَةِ
- 3.3 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: الأدوات المدرسية yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang peralatan sekolah dengan pola kata tunjuk (هذا - هذه) dan ungkapan instruksi harian di kelas
- 3.4 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : الأدوات المدرسية
- 3.5 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: الزي المدرسي yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi terkait hobiku
- 3.6 menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : الزي المدرسي
- 3.1 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : المَوَادُ الدِّراسِيَّةُ dengan melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang nama-nama pelajaran
- 3.2 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : المَوَادُ الدِّراسِيَّةُ
- 3.3 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : أسماء الحيوانات dengan melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang nama-nama hewan
- 3.4 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : أسماء الحيوانات
- 3.5 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : الْأَمْرَاضِ dengan melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang nama-nama penyakit
- 3.6 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : الْأَمْرَاضِ
- 3.1 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: العنوان dengan melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang alamat seseorang
- 3.2 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: العنوان dengan memperhatikan struktur الأرْقَام 1-10
- 3.3 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema المهنة dengan melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang profesi
- 3.4 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: المهنة dengan memperhatikan struktur اسم الإشارة –الضمير المنفصل
- 3.5 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: أَمَلِيْ dengan melibatkan tindak tutur mengungkapkan harapan
- 3.6 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema:أ َمَلِيْ
- 3.1. Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: أعضاء الجسم dengan melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang angota tubuh
- 3.2 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: أعضاء الجسم dengan memperhatikan struktur (الإشارة للمفرد + الاسم + الصفة)
- 3.3 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: المهنة dengan melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang profesi yang disukai
- 3.4 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: المهنة dengan memperhatikan struktur (الإشارة للمفرد + الاسم + الصفة)
- 3.5 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: حديقة الحيواناتdengan melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang kebun binatang
- 3.6 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: حديقة الحيوانات dengan memperhatikan struktur (الإشارة للمفرد + الاسم + الصفة)
- 3.1. Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema:الساعة dengan melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang jam (waktu)
- 3.2 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema:الساعة dengan memperhatikan struktur (الفعل المضارع وفعل الأمر)
- 3.3 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: أحب اللغة العربية dengan melibatkan tindak tutur mengekspresikan rasa cinta terhadap bahasa Arab
- 3.4 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: أحب اللغة العربية dengan memperhatikan struktur (الفعل المضارع وفعل الأمر)
- 3.5 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: أحب الأنشطةdengan melibatkan tindak tutur perintah melakukan sesuatu
- 3.6 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: أحب الأنشطةdengan memperhatikan struktur (الفعل المضارع وفعل الأمر)
Terima kasih ...
BalasHapusuntuk bahasa arab, ga ada yang berbentuk word nya ya ka
BalasHapusSangat membantu untuk latihan anaksaya sblum pas
BalasHapusmantap
BalasHapusJazakumullah bil Khair...
BalasHapusAda ngga soal bahasa Arab dalam berbentuk word
BalasHapus