3 Feb 2021

Cara Menambah Admin atau Operator Madrasah di Simpatika

Seiring dengan berjalannya waktu, bisa saja terjadi pergantian tugas dalam mengelola akun admin madrasah atau operator madrasah di layanan Simpatika. Tentu diperlukan mengangkat atau menambahkan admin atau operator Simpatika. Pun sebaliknya, memberhentikan, menghapus, atau mengganti akses sebagai admin atau operator.


Bagaimana cara menambah dan menghapus admin madrasah atau operator madrasah di layanan Simpatika?


Sejatinya, peran admin atau operator madrasah di Simpatika melekat pada Kepala Madrasah. Seorang Kepala Madrasah bertindak juga sebagai admin atau operator untuk mengelola akun Madrasah Simpatika. Namun, dengan berbagai pertimbangan tidak jarang Kepala Madrasah kemudian mengangkat salah satu PTK untuk bertugas sebagai Admin Madrasah atau Operator Madrasah.


Baca: Cara Cepat Menampilkan Tombol Logout Simpatika yang Hilang


Tambah Admin Simpatika

Untuk itu, kali ini Ayo Madrasah akan kembali menguraikan bagaimana cara menambahkan seorang PTK untuk menjabat sebagai admin madrasah atau operator. Sehingga PTK yang bersangkutan selain dapat mengelola akun PTK yang dimilikinya juga dapat mengelola akun Madrasah. Tentunya untuk membantu kinerja Kepala Madrasah.


Sebelumnya perlu dipahami bahwa akun Simpatika di tingkat madrasah terdiri atas tiga jenis. Ketiganya adalah Akun PTK (baik guru, tenaga kependidikan, maupun Kepala madrasah), akun Admin Madrasah (Kepala Madrasah dan Operator Madrasah), dan akun Institusi.


Jadi seorang kepala Madrasah dan Operator Madrasah, dengan login yang sama, akan memiliki dua akun (peran) sekaligus yakni sebagai PTK dan sebagai Operator atau Admin.


Baca juga: Cara Cetak Ulang Ajuan SKMT (S29a, S29b, S29c, Lamp. S29, S29d) Simpatika


Cara Menambahkan Admin atau Operator Baru di Simpatika


Untuk menambahkan seorang PTK menjadi Admin atau Operator Madrasah diperlukan Akun Institusi. Akun ini dimiliki oleh setiap madrasah dimana loginnya menggunakan username berupa 8 digit NPSN dan password tertentu. NPSN di sini adalah NPSN saat madrasah tersebut pertama kali terdaftar dalam layanan Simpatika (atau dahulu disebut Padamu). Sehingga bisa saja berbeda dengan NPSN saat ini.


Sedangkan passwordnya adalah serangkaian kombinasi huruf dan angka 6 digit yang diberikan dari Admin Kabupaten/Kota. Password login ini akun institusi ini bisa juga dirubah menjadi kombinasi yang diinginkan.


Langkah-langkah untuk melakukan pengangkatan Operator atau Admin Madrasah adalah sebagai berikut.


Pertama, Login dengan menggunakan Akun Institusi sebagai berikut:

  1. Buka laman Simpatika di alamat https://simpatika.kemenag.go.id/
  2. Klik tombol "Login" lalu pilih "Login Admin"
  3. Langkah 1-2 dapat diganti dengan mengetikkan alamat https://paspor.siap-online.com/cas/login
  4. Masukkan username (NPSN) dan password lalu klik tombol Masuk
  5. Jika terbuka halaman Dasbord Layanan, klik saja salah satu dari tombol "Akun Institusi" atau "Madrasah"
  6. Terbuka Dasboard Institusi
  7. Klik menu "Kelola Grup Akun"
  8. Klik tulisan "Daftar Anggota Grup Administrator"
  9. Terbuka Daftar Anggota Grup Admin.
  10. Untuk menambahkan admin baru, klik tanda Plus (+) di pojok kanan atas
  11. Muncul jendela "Tambah Anggota Admin Sekolah"
  12. Masukkan Email PTK yang akan diangkat sebagai admin di kolom yang tersedia. Email harus aktif terdaftar siapku.com. 
  13. Selain menggunakan email dapat juga dimasukkan NUPTK atau Pegid ditambah @siap.id (Contoh: 5931234567800002@siap.id) milik PTK yang bersangkutan
  14. Klik tombol "Cek Email"

    Tambah Admin Simpatika 01

  15. Muncul jendela yang menampilkan nama dan data PTK yang bersangkutan
  16. Klik tombol "Simpan" di pojok kanan bawah

    Tambah Admin Simpatika 02

  17. Muncul jendela "Cetak Tanda Bukti", klik Cetak
  18. Muncul Form S01 yang berisikan kode aktivasi, cetak Form S01 tersebut.

    Tambah Admin Simpatika 03


Setelah itu, PTK yang akan diangkat harus melakukan aktivasi melalui akun PTK-nya. langkah-langkahnay adalah sebagai berikut:
  1. Buka laman Simpatika di alamat https://simpatika.kemenag.go.id/
  2. Klik tombol "Login" lalu pilih "Login Admin"
  3. Langkah 1-2 dapat diganti dengan mengetikkan alamat https://paspor.siap-online.com/cas/login
  4. Masukkan Username dan Password akun PTK yang bersangkutan lalu klik tombol Masuk
  5. Jika terbuka halaman Dasbord Layanan, klik saja salah satu dari layanan "Madrasah"
  6. Tampil laman konfirmasi
  7. Masukkan Kode Aktivasi sebagaimana tertera dalam S01
  8. Klik tombol Aktivasi

    Tambah Admin Simpatika 04

  9. Terbukalah Akun Madrasah tersebut. PTK berhasil ditambahkan sebagai admin.

Untuk login-login selanjutnya, PTK dapat memilih untuk login sebagai PTK (untuk mengelola akun pribadi) atau sebagai Admin (mengelola akun Madrasah).


Baca Juga: 25 Hal yang Harus Dikerjakan di Simpatika Semester Genap


Cara Menghapus Admin Madrasah


Untuk menghapus atau memberhentikan admin madrasah atau operator madrasah caranya adalah:

  1. Buka laman Simpatika di alamat https://simpatika.kemenag.go.id/
  2. Klik tombol "Login" lalu pilih "Login Admin"
  3. Langkah 1-2 dapat diganti dengan mengetikkan alamat https://paspor.siap-online.com/cas/login
  4. Masukkan username (NPSN) dan password lalu klik tombol Masuk
  5. Jika terbuka halaman Dasbord Layanan, klik saja salah satu dari tombol "Akun Institusi" atau "Madrasah"
  6. Terbuka Dasboard Institusi
  7. Klik menu "Kelola Grup Akun"
  8. Klik tulisan "Daftar Anggota Grup Administrator"
  9. Terbuka Daftar Anggota Grup Admin.
  10. Klik pada tanda Segitiga di ujung kanan nama admin yang akan diberhentikan
  11. Pilih "Blokir Akun Admin"
  12. Muncul konfirmasi, klik saja "Ya"
  13. Tanda Centang Hijau akan berubah menjadi Gembok
  14. PTK tersebut berhasil dihapus dari Admin atau Operator sehingga tidak dapat mengakses akun madrasah kembali.


Jika Lupa Akun Institusi


Bagaimana jika lupa akun institusi? Baik lupa username ataupun password akun institusi.

Jika lupa dengan akun institusi ini, Madrasah dapat menghubungi Admin Kabupaten/Kota untuk meminta reset atau atur ulang akun institusi. 

Nantinya akan diterbitkan Surat Reset Password yang berisikan Nama Lembaga, User ID, dan Password.

Password yang diberikan biasanya berupa kombiansi huruf dan angka sebanyak 6 digit. Setelah berhasil login, nantinya password ini dapat diubah agar lebih mudah diingat.

Untuk mengubahnya dengan cara mengklik gambar atau foto User (di pojok kanan atas) lalu klik Pengaturan Akun.

Terbuka halaman pengaturan, klik saja menu "Kelola Akun" >> Kata Sandi (Password). 


Baca Juga: 2 Cara Reset Password Simpatika yang Lupa


Demikian cara dan langkah-langkah untuk mengangkat atau menambah admin atau operator madrasah di layanan Simpatika. Juga bagaimana cara memberhentikan admin serta apa yang harus dilakukan jika lupa user ID dan password akun institusi Simpatika.

Add Comments


EmoticonEmoticon