Bagi madrasah yang bermasalah saat membuka Emis Baru, Tim Emis Pusat melalui Helpdesk EMIS 4.0, telah menyediakan form khusus. Dengan form tersebut, madrasah akan mendapatkan bantuan langsung untuk mengatasi permasalahan dan kendala yang dihadapi terkait dengan penggunaan Emis Baru.
Sebagaimana diulas Ayo Madrasah sebelumnya, pada awal rilis Emis Baru ini, madrasah diminta untuk melakukan Registrasi Akun Kepala Madrasah dan melakukan updating dan konfirmasi data kelembagaan. Baca: Yang Harus Dilakukan Pada Update Data Lembaga di Emis Madrasah
Dalam prakteknya ternyata masih ada lembaga-lembaga yang terkendali dengan masalah yang beraneka ragam. Seperti tidak munculnya kode registrasi di dasboard Emis, gagal saat melakukan registrasi akun Kepala Madrasah, hingga data profil kelembagaan yang kosong.
Namun untuk saat ini tidak semua kendala bisa meminta bantuan dengan form ini. Bantuan hanya diberikan untuk kendala-kendala khusus. Kendala dan masalah tersebut meliputi:
- Gagal login baik akun operator madrasah maupun akun Kepala Lembaga,
- Gagal registrasi akun Kepala Lembaga,
- Data lembaga tidak muncul
- Kode registrasi untuk mendaftar akun Kepala tidak muncul
- Kesalahan data
Caranya adalah, buka form bantuan Helpdesk Emis 4.0 di alamat: https://bit.ly/HelpdeskEMIS
- Nama Panjang : Nama orang yang melaporkan
- Lembaga : Pilih Madrasah, Kemenag Kab/Kota, Kemenag Provinsi, ataupun Kemenag Pusat sesuai kedudukan masing-masing
- Nama Lembaga/ Instansi
- Provinsi
- Email : isikan dengan email yang digunakan untuk login emis pada akun yang bermasalah tadi
- NSM : isikan dengan NSM madrasah yang emis-nya yang bermasalah
- No HP : usahakan menggunakan nomor HP yang terhubung dengan Whatsapp
- Permasalahan, silakan pilih:
- Gagal login (untuk yang terkendala tidak bisa login ke akun operator emis)
- Gagal Registrasi / Login Kepala Lembaga (untuk yang tidak bisa registrasi atau sudah berhasil registrasi tapi kemudian tidak bisa login ulang)
- Data Lembaga Tidak Muncul (bagi yang data kelembagaan tidak muncul. Hanya data yang terkait profil dan lahan madrasah)
- Kode Registrasi Tidak Muncul (jika kode registrasi untuk aktivasi akun Kepala tidak muncul di dasboard emis)
- Kesalahan Data (untuk kesalahan data yang memang terkunci oleh sistem)
- Keterangan Permasalahan : isikan deskripsi permasalahan yang dihapai secara singkat dan jelas
- Lampiran gambar bukti permasalahan : bisa dengan mengunggah screenshoot (tangkapan layar) dari permasalahn yang dihadapi.
- Kirim
Setelah terkirim, silakan tunggu Tim Helpdesk Emis 4.0 untuk memberikan respon. Jawaban bisa dikirmkan melalui email ataupun whatsapp ke nomor telpon yang diisikan.
Itulah solusi bagi madrasah yang masih bermasalah saat menggunakan Emis baru.