11 Jun 2024

Logo dan Maskot KSM 2024

Logo dan maskot resmi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2024. Dalam penyelenggaraannya di tahun 2024, Kompetisi Sains Madrasah turut menyertakan logo dan maskot KSM 2024.


Logo KSM 2024 masih sama dengan logo pada penyelenggaraan tahun-tahun terdahulu. 


Logo dan Maskot KSM 2024

Sedang menurut Juknis KSM 2024, maskot KSM 2024 adalah burung Bidadari, salah satu satwa endemik dari Pulau Halmahera, yang juga menjadi ikon Maluku Utara, tempat akan dilangsungkannya KSM Nasional (Final dan Grand Final KSM 2024).


Logo KSM 2024


Seperti disampaikan di awal artikel, logo KSM 2024 masih meneruskan logo penyelenggaraan KSM di tahun-tahun sebelumnya.


Logonya berupa sebuah lingkaran hijau dan kuning dengan ilustrasi yang melambangkan siswa berprestasi yang ditandai dengan berkalungkan mendali. Di bagian separo atas terdapat tulisan KOMPETISI SAINS MADRASAH berwarna putih. Sedang di bagian bawah terdapat tulisan tingkat KSM dan motto Ilmu -Iman - Amal.


Logo KSM 2024 dalam format vektor (ai, cdr, eps, dan pdf) maupun PNG beresolusi besar dapat diunduh melalui laman: Download Logo KSM.


Baca: Kumpulan Soal KSM Jenjang MI, MTs, dan MA


Maskot KSM 2024 dan Maknanya


Maskot KSM 2024 mengadopsi burung Bidadari Halmahera. Burung Bidadari Halmahera atau Standardwing bird-of-paradise, memilik nama latin Semioptera wallacii, merupakan burung endemik kepulauan Maluku. Burung ini juga menjadi ikon provinsi Maluku Utara, provinsi yang dijadikan lokasi penyelenggaraan KSM Nasional 2024 (Final dan Grand Final KSM).


Logo dan Maskot KSM 2024

Berdasar Lampiran IV Juknis KSM 2024 maskot KSM Nasional 2024 memiliki makna sebagagai berikut:

  1. Sang bidadari menggunakan tuala polulu (penutup kepala) berwarna kuning menggambarkan bahwa masyarakat (bala kusu sekano-kano) Moloku Kie Raha siap menyukseskan event Kompetisi Sains Madrasah dan My Ress Tahun 2024. Warna kuning melambangkan aura kehangatan, optimisme, keceriaan dalam mengembangkan semangat edukatif; 
  2. Baju warna putih yang dikenakan sang bidadari melambangkan kesucian, kebeningan hati dan penuh keakraban masyarakat Maluku Utara dalam menerima duta kompetensi sains madrasah yang akan berlomba di negeri para Raja Moloku Kie Raha.
  3. Sang Bidadari menggunakan selempang berwarna merah menandakan kehangatan dan persahabatan serta keluhuran budi, keteguhan para pemimpin dan rakyat moloku kier raha dalam menjaga bingkai keimanan dan bingkai kehidupan bernegara agar kokoh dalam satu NKRI yang dijabarkan dalam semboyan jou se ngofa ngare.
  4. Warna hitam melambangkan ketegasan, keteguhan dan profesionalitas dalam bersaing pada event kompetisi sains madrasah dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.
  5. Warna hijau adalah simbol kemakmuran dan kesuburan yang mengingatkan kita pada keluhuran budi, kebaikan moral serta mampu menjadi insan yang senantiasa mencintai alam sebagai bentuk rasa syukur atas karunia Allah SWT. Bahwa alam harus dijaga keindahannya dan dipertahankan demi kelangsungan kehidupan anak cucu pada masanya.
  6. Simbol jempol pada burung bidadari menunjukkan bahwa madrasah siap menjadi lembaga pendidikan yang mampu melahirkan generasi muda yang beriman dan berilmu pengetahuan
  7. Tulisan KSM Maluku Utara 2024 adalah kesiapan Maluku Utara menjadi tuan rumah pada pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan My Ress tingkat nasional tahun 2024.


Keterangan tambahan, berdasar penelusuran Ayo Madrasah, Moloku Kie Raha adalah istilah dalam menyebut empat penguasa daerah di Maluku yang disebut kolano, yaitu Ternate, Tidore, Bacan, dan Jailolo. Sedang Jou se Ngofangare merupakan salah satu falsafah yang menjadi dasar pandangan hidup masyarakat Ternate (dan Maluku Utara) yang menggambarkan proses penciptaan manusia dan alam semesta, dan bahwa manusia dapat menjadi manusia sempurna melalui latihan yang berkelanjutan.


Itulah logo dan maskot KSM 2024.

Add Comments


EmoticonEmoticon