4 Jul 2024

POS Asesmen Nasional 2024

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah menerbitkan Prosedur Operasional Standar  atau POS Asesmen Nasional 2024 dalam bentuk Pedoman Penyelenggaraan Asesmen Nasional.


Adalah Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 019/H/KP/2024 tentang Pedoman Penyelenggaraan Asesmen Nasional.


POS Asesmen Nasional 2024

Tujuan penerbitan Pedoman Penyelenggaraan Asesmen Nasional, sebagaimana Ayo Madrasah kutip dari lampiran keputusan ini, agar pelaksanaan Asesmen Nasional dilaksanakan secara obyektif, transparan, akuntabel, dan terstandar.


Asesmen Nasional atau yang disingkat AN adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar. Dalam pelaksanaannya Asesmen Nasional dilaksanakan dengan menggunakan sistem berbasis komputer sehingga dikenal juga sebagai ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer.


Asesmen Nasional atau yang disingkat AN adalah salah satu bentuk evaluasi sistem pendidikan oleh Kementerian pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah. 


Asesmennya terdiri atas Asesmen Kompetensi Minimum atau AKM yaitu pengukuran kompetensi literasi membaca dan numerasi yang harus dimiliki oleh peserta didik. Selain itu juga Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar).


POS Asesmen Nasional 2024 atau Pedoman Penyelenggaraan Asesmen Nasional sebagaimana keputusan kepala BKSAP ini memiliki ruang lingkup yang meliputi: Pendahuluan, Persiapan Penyelenggaraan Asesmen Nasional, Pelaksanaan Asesmen Nasional, dan Pelaporan Hasil Asesmen Nasional.


Download POS Asesmen Nasional 2024 atau Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 019/H/KP/2024 tentang Pedoman Penyelenggaraan Asesmen Nasional melalui tombol download di bawah ini.


Hal-hal lebih teknis terkait penyelenggaraan Asesmen Nasional, termasuk Survei Lingkungan Belajar akan diatur dalam Juknis Asesmen Nasional 2024.

Add Comments


EmoticonEmoticon