5 Jul 2024

Tagline atau Slogan Madrasah dari Tahun ke Tahun

Tagline atau slogan madrasah dari tahun ke tahun telah mengalami perkembangan dan perubahan. Beberapa semboyan atau slogan madrasah pernah digunakan sebagai penyemangat madrasah dalam mengaktualisasi diri sebagai lembaga pendidikan berciri khas Islam yang mengakar dari budaya Indonesia.


Apa saja tagline atau motto yang pernah digunakan oleh Madrasah?


Beberapa slogan atau tagline yang pernah diusung madrasah mulai dari Madrasah Lebih Baik Lebih Baik Madrasah, Madrasah Hebat Bermartabat, Madrasah Mandiri Berprestasi, hingga Madrasah Maju Bermutu Mendunia.


Madrasah Lebih Baik Lebih Baik Madrasah


Semboyan madrasah yang tercatat pertama kali digunakan secara 'nasional' adalah Madrasah Lebih Baik Lebih Baik Madrasah.


Madrasah Lebih Baik Lebih Baik Madrasah

Tidak diketahui secara pasti sejak kapan motto Madrasah Lebih Baik Lebih Baik Madrasah ini mulai digunakan. Namun berdasar catatan Ayo Madrasah, pada tahun 2013 semboyan ini telah digunakan. Dirjen Pendidikan Islam saat itu, Nur Syam, saat melakukan pemantauan pelaksanaan Ujian Nasional di Jakarta (6 Mei 2013) menyatakan, "Secara kualitas, madrasah sudah tidak kalah dengan sekolah lainnya. Hal itu ditunjukan dengan banyaknya prestasi yang diraih madrasah, negeri maupun swasta. Madrasah lebih baik dan lebih baik madrasah."


Slogan ini masih terus dipakai sampai dengan 2018.


Madrasah Hebat Bermartabat


Pada tahun 2018, Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah, A. Umar, mengenalkan slogan baru untuk madrasah yaitu Madrasah Hebat Bermartabat.


Madrasah Hebat Bermartabat

"Mulai tahun 2018 ini, kita mengusung semangat baru dengan slogan Madrasah Hebat Bermartabat," demikian diungkap oleh Direktur KSKK Madrasah, A. Umar, MA sebagaimana Ayo Madrasah lansir dari situs resmi Ditjen Pendis Kemenag, pendis.kemenag.go.id, Kamis (01/02) silam.


Madrasah Hebat Bermartabat berarti pencapaian kualitas terbaik atas semua komponen madrasah dengan menggunakan cara yang jujur, berakhlakul karimah, dan sesuai dengan norma keislaman.


Download logo Madrasah Hebat Bermartabat.


Madrasah Mandiri Berprestasi


Semboyan atau tagline madrasah berikutnya adalah Madrasah Mandiri Berprestasi. Slogan ini dicetuskan oleh Direktur KSKK Madrasah, Direktur KSKK Madrasah pada medio 2021.


Madrasah Mandiri Berprestasi

Sebagaimana ditulis Ayo Madrasah, "mandiri" mampu mengetahui, mengenali dirinya sendiri dan kemudian mampu mengembangkan dirinya. Sedangkan berprestasi berarti hasil usaha dari kemandirian dan kinerja yang membanggakan.


Madrasah harus memiliki target prestasi yang dicapai, baik tingkat lokal, nasional maupun internasional. Prestasi adalah materi promosi yang paling efisien dan efektif dalam mengangkat citra dan nama madrasah.


Download logo Madrasah Mandiri Berprestasi


Madrasah Maju Bermutu Mendunia


Terbaru, mulai tahun 2024, Direktur KSKK Madrasah Ditjen Kemenag RI, H.M. Sidik Sisdiyanto, M.Pd. mengenalkan slogan madrasah Madrasah Maju Bermutu Mendunia. 


Madrasah Maju Bermutu Mendunia


Madrasah Maju Bermutu Mendunia

Tagline madrasah 2024, Madrasah Maju Bermutu Mendunia, mencerminkan komitmen madrasah dalam menciptakan pendidikan berkualitas yang mampu bersaing di kancah internasional.


Download logo Madrasah Maju Bermutu Mendunia


Itulah kumpulan motto, tagline, atau semboyan madrasah dari tahun ke tahun. Kesemuanya slogan madrasah tersebut diharapkan dapat melecut semangat madrasah dalam menghadirkan pendidikan yang bermutu dan berkualitas.

Add Comments


EmoticonEmoticon