13 Jul 2024

Struktur Kurikulum MTs Sesuai KMA No. 450 Tahun 2024

Struktur Kurikulum dan alokasi waktu pelajaran (JTM) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) mengalami penyesuaian. Penyesuaian struktur kurikulum MTs ini seiring dengan mulai diberlakukannya KMA Nomor 450 Tahun 2024 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada RA, MI, MTs, MA, dan MAK.


Sebelumnya struktur kurikulum madrasah, termasuk di jenjang Madrasah Tsanawiyah mengacu pada KMA No. 347 tahun 2022 tentang Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah.


Struktur Kurikulum MTs Sesuai KMA No. 450 Tahun 2024

Meski sama-sama menggunakan Kurikulum Merdeka, namun terdapat beberapa perubahan dalam alokasi JTM dan struktur kurikulum, termasuk di jenjang Madrasah Tsanawiyah.


Baca: Struktur Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah Sesuai KMA 450 Tahun 2024


Penyesuaian yang paling kentara adalah dengan dijadikannya P5RA (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin) menjadi kokurikuler yang dilaksanakan melalui pembelajaran kolaboratif lintas disiplin ilmu. Dimana terdapat alokasi waktu P5RA sebanyak 216 jam per tahun (kelas VII dan VIII) dan 192 jam per tahun (kelas IX).


Perubahan lainnya pada alokasi JP untuk Muatan Lokal dimana sebelumnya hanya total 72 dan 64 JP per tahun atau setara 2 JP pe minggu (pada KMA No. 347 tahun 2022) menjadi 72-216 JP per tahun dan 64-192 JP per tahun atau setara dengan 2-6 JTM per minggu.


Dengan beberapa penyesuaian yang ada maka struktur kurikulum dan alokasi JTM di MTs mengalami perubahan.


Struktur Kurikulum MTs Berdasar KMA 450 Tahun 2024


Berikut adalah perincian struktur kurikulum dan alokasi waktu mata pelajaran di Madrasah Tsanawiyah berdasar KMA Nomor 450 Tahun 2024.


Tabel Struktur kurikulum dan alokasi waktu mata pelajaran di MTs Kelas VII

Mata PelajaranKelas VII
Alokasi IntrakurikulerAlokasi P5RATotal JP
Al-Quran Hadis72 72
Akidah Akhlak72 72
Fikih72 72
Sejarah Kebudayaan Islam72 72
Bahasa Arab108 108
Pendidikan Pancasila7236108
Bahasa Indonesia18036216
Matematika144 144
Ilmu Pengetahuan Alam144 144
Ilmu Pengetahuan Sosial10836144
Bahasa Inggris108 108
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan7236108
Informatika7236108
Seni dan Budaya
     1. Seni Musik
     2. Seni Rupa
     3. Seni Teater
     4. Seni Tari
     5. Prakarya Budi Daya
     6. Prakarya Kerajinan
     7. Prakarya Rekayasa
     8. Prakarya Pengolahan
72 36108
Total JP Mapel Wajib13682161584
Muatan Lokal72-216 72-216
Total JP1440-15842161656-1800


Tabel Struktur kurikulum dan alokasi waktu mata pelajaran di MTs Kelas VIII

Mata PelajaranKelas VIII
Alokasi IntrakurikulerAlokasi P5RATotal JP
Al-Quran Hadis72 72
Akidah Akhlak72 72
Fikih72 72
Sejarah Kebudayaan Islam72 72
Bahasa Arab108 108
Pendidikan Pancasila72 72
Bahasa Indonesia18036216
Matematika14436180
Ilmu Pengetahuan Alam14436180
Ilmu Pengetahuan Sosial108 108
Bahasa Inggris10836144
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan7236108
Informatika72 72
Seni dan Budaya
     1. Seni Musik
     2. Seni Rupa
     3. Seni Teater
     4. Seni Tari
     5. Prakarya Budi Daya
     6. Prakarya Kerajinan
     7. Prakarya Rekayasa
     8. Prakarya Pengolahan
72 36108
Total JP Mapel Wajib13682161584
Muatan Lokal72-216 72-216
Total JP1440-15842161656-1800


Tabel Struktur kurikulum dan alokasi waktu mata pelajaran di MTs Kelas IX

Mata PelajaranKelas   IX
Alokasi IntrakurikulerAlokasi P5RATotal JP
Al-Quran Hadis64 64
Akidah Akhlak64 64
Fikih64 64
Sejarah Kebudayaan Islam64 64
Bahasa Arab96 96
Pendidikan Pancasila643296
Bahasa Indonesia160 160
Matematika12832160
Ilmu Pengetahuan Alam12832160
Ilmu Pengetahuan Sosial9632128
Bahasa Inggris9632128
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan64 64
Informatika643296
Seni dan Budaya
     1. Seni Musik
     2. Seni Rupa
     3. Seni Teater
     4. Seni Tari
     5. Prakarya Budi Daya
     6. Prakarya Kerajinan
     7. Prakarya Rekayasa
     8. Prakarya Pengolahan
64 64
Total JP Mapel Wajib12161921408
Muatan Lokal64-192 64-192
Total JP1280-14081921472-1600

Keterangan:

  • Asumsi 1 tahun = 36 minggu (untuk kelas VII dan VIII) dan 32 minggu (kelas IX)
  • 1 JP = 40 menit
  • Mapel Seni dan Budaya, madrasah menyediakan minimal 1 jenis seni atau prakarya (seni musik, seni rupa, seni teater, seni tari, prakarya). Peserta didik memilih 1 jenis seni atau prakarya
  • Muatan Lokal; paling sedikit 72 JP per tahun dan paling banyak 216 JP per tahun (kelas VII, VIII) paling sedikit 64 JP per tahun dan paling banyak 192 JP per tahun (kelas IX) 


Sebagai tambahan, berikut adalah simulasi alokasi JTM per minggu pada struktur kurikulum KMA 450 tahun 2024, yang disusun oleh Ayo Madrasah.


Struktur Kurikulum MTs Sesuai KMA No. 450 Tahun 2024

Implementasi Struktur Kurikulum MTs dilaksanakan dengan ketentuan:

  • Layanan bimbingan dan konseling dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai bimbingan dan konseling.
  • Muatan lokal merupakan muatan pembelajaran yang sesuai dengan kekhasan Madrasah, tipologi Madrasah, potensi, dan keunikan lokal berupa:
    • keagamaan
    • seni budaya;
    • prakarya;
    • pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan;
    • bahasa;
    • teknologi; dan
    • riset.
  • Muatan lokal dapat dilaksanakan pada Madrasah melalui:
    • pengintegrasian ke dalam mata pelajaran lain;
    • pengintegrasian ke dalam tema P5RA; dan/atau
    • mata pelajaran yang berdiri sendiri.
  • Kurikulum di Madrasah penyelenggara pendidikan inklusif di MTs menambahkan mata pelajaran program kebutuhan khusus sesuai kondisi Peserta Didik.
  • Peserta Didik yang memiliki potensi kecerdasan istimewa dapat diberikan percepatan pemenuhan beban belajar dan/atau pendalaman dan pengayaan Capaian Pembelajaran terkait Kurikulum Merdeka sebagai layanan individual dan bukan dalam bentuk rombongan belajar.
  • Madrasah dapat melakukan penambahan dan/atau relokasi jam pelajaran sesuai dengan hasil analisis capaian pembelajaran dan ketersediaan waktu di Madrasah.
  • Madrasah yang mengembangkan program khusus dapat menggunakan alokasi waktu muatan lokal. Kelas VII dan VIII minimal 72 JP dan maksimal 216 JP per tahun sedangkan kelas IX minimal 64 JP dan maksimal 192 JP pertahun.
  • Tim P5RA di Madrasah terdiri atas koordinator dan fasilitator, dengan ketentuan:
    • P5RA dalam 1 (satu) tahun ajaran dilaksanakan 2 (dua) sampai dengan 3 (tiga) projek dengan tema berbeda;
    • Guru mata pelajaran yang alokasi waktu P5RA dialihkan, dapat menjadi fasilitator setara dengan 1 (satu) JP per rombongan;
    • beban belajar sebagai koordinator projek P5RA setara dengan 2 jam tatap muka per 1 rombongan belajar setiap tahun untuk pemenuhan jam tatap muka paling sedikit 24 jam tatap muka per minggu dan paling banyak mengampu 3 rombongan belajar.

Untuk lebih jelasnya sila baca dan pahami KMA Nomor 450 tahun 2024 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada RA, MI, MTs, MA, dan MAK. File KMA dapat diunduh di artikel terdahulu Ayo Madrasah.

Itulah struktur kurikulum Madrasah Tsanawiyah sesuai KMA Nomor 450 Tahun 2024, semoga dapat dijadikan acuan dalam penyelenggaraan pembelajaran di MTs.

Add Comments


EmoticonEmoticon